Kenapa Saya Susah Fokus?


Dalam bisnis online [berikutnya saya singkat menjadi BO], kita mengenal banyak sekali model bisnis yang beredar. Saya tidak membahas model bisnis apa saja yang ada di BO. Ini terlalu banyak. Banyak sekali…

Banyaknya BO inilah yang menyebabkan orang yang baru belajar, bahkan yang sudah lama mengenal BO, susah fokus dan gampang berpindah hati. Jangan salah, saya juga demikian.

Tahun 2014 adalah tahun di mana saya mulai bisa menemukan apa yang selama ini saya perlukan, fokus. Ini adalah trik saya, dan berhasil. Jadi, kamu bisa menirunya.

  1. Tempat Nyaman

Definisi nyaman bagi saya tidak melulu bersih dan rapi. Ukuran nyaman ada di dalam diri. Saya tidak bisa menyuruh kamu merapikan tempat kerjamu jika memang pada dasarnya “nyaman” menurutmu bukanlah tempat yang rapi.

Ingat, ruang kerja adalah dapurnya BO. Jika di ruang ini kita gagal menemukan kenyamanan, kita tidak akan betah di sini. Tentu saja, jika sudah tidak betah, biasanya kita suka ingin memanjakan diri dengan membuka situs-situs yang menganggu konsentrasi kita.

So, bikin tempat kerjamu senyaman mungkin.

  1. Berikan Jeda

Saya pernah membaca sebuah riset bahwa otak manusia hanya mampu bekerja maksimal selama 4 jam dalam 24 jam. Jadi, maksimalkan betul 4 jam kalian dalam sehari dengan baik.

Saya pernah mengikuti eCourse yang diadakan oleh Anne Ahira pada tahun 2010, dia membuat rules of the game untuk para membernya. Sederhana, tetapi sangat masuk akal. Salah satu rulenya adalah; 60 – 10. Yaitu, 60 menit belajar, dan 10 menit istirahat. Jika ada membernya yang melanggar, Anne Ahira tidak suka.

Mungkin, hal ini bisa kalian coba, 60 – 10, atau suka suka kalian, 30 – 10. Prinsipnya adalah, jangan sampai terus menerus di depan layar. Work hard, play hard. Berikan jeda setelah kalian kerja keras.

  1. Skala Prioritas

Jika saya bertanya, lebih penting mana beli beras sama beli baju? Oke, saya setuju jika jawabannya akan berbeda. Kenapa? Karena skala prioritas tiap orang berbeda. Betul?

Nah, yang tahu apa sebenarnya skala prioritas kita adalah kita sendiri. Jika saat ini kalian sedang melakukan BO yang berbeda, cobalah buat skala prioritas mana yang menjadi target utama kalian. Dulukan itu sebelum kalian belajar BO yang lain.

Misal, saat ini kamu sedang memprioritaskan bagaimana menjadi publisher Google Adsense yang memiliki trafik tinggi. Di waktu yang berbeda, kalian juga ingin belajar menjadi publisher CPA (click per action). So, mana yang lebih diutamakan? Kamu tahu jawabannya J

Baik teman-teman, senang sekali rasanya bisa berbagi bersama. Saya berharap ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Paling tidak, ini bisa membuat saya pribadi semakin fokus pada apa yang selama ini saya kerjakan.

 


Leave a Reply